Banyak Nelayan Tidak Punya Rumah, Irving Kahar Tarik Dana Pusat Bangun Rusus di Teluk Batil

Rumah Khusus bagi nelayan di Kampung Teluk Batil, Sungai Apit

SIAK (NU) Saat masih Menjabat Kepala Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak,  Irving Kahar Arifin tarik dana pusat sebesar 3.5 milyar untuk bangun Rumah Khusus (Rusus) bagi nelayan di Kampung Teluk Batil, Kecamatan Sungai Apit pada 2019 lalu.

Perumahan itu dibangun menggunakan Program penyediaan perumahan khusus (Rusus) melalui Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kata Irving, Rusus yang dibangun adalah tipe 28 sebanyak 25 unit, terdiri atas 24 unit rumah kopel dan 1 unit tipe tunggal, lengkap dengan fasilitas 2 kamar tidur, ruang tamu dan kamar mandi.

"Fasilitas lain juga ada, yaitu jalan lingkungan, saluran drainase, listrik dan jaringan air bersih juga tersedia disana," terang mantan Kepala Dinas PU Tarukim Siak itu pada Minggu (13/10/24).

Supaya program Rusus bisa segera direalisasikan harus ada lahan, saat itu Cabup nomor urut 1 itu meminta pihak Kampung Teluk Batil untuk segera menyiapkan lahan.

"Kita tidak menyediakan lahan, untuk itu kita minta Pemerintah Kampung untuk menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah itu," katanya.

Calon penghuninya juga didata berdasarkan verifikasi faktual oleh Pihak Kampung, "Pemkam yang mendata siapa saja yang berhak mendapatkan rumah tersebut berdasarkan verifikasi faktual, untuk tahap awal hanya dapat 25 orang dari rencana 50 rumah," kata irving lagi.

Menurut Irving, Ide awal mendirikan Rusus ini tercetus karena dia prihatin melihat banyak nelayan yang tinggal di sepanjang tepian sungai dan bibir pantai tidak memiliki rumah yang layak.

"Iya, karena masyarakat nelayan di Teluk Batil banyak yang tak punya rumah, kalaupun ada rumahnya tak layak huni," ujarnya

Berawal dari keprihatinannya ini, Irving kemudian mengusulkan pembangunan Rusus menggunakan dana APBN, berkat kedekatannya dengan pemerintah pusat, usulan irving kemudian disetujui dan pembangunan Rusus bisa terealisasi pada 2019 lalu.

"Alhamdulillah, kalau niat kita baik pasti ISO, selamat dan semoga bermanfaat untuk nelayan Tekuk Batil," kata Cabup Siak Irving sambil tersenyum. (Mg1)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama