Buah Pikiran Irving Kahar Arifin Wujudkan Kota Kembar Siak-Mempura

Irving Kahar Arifin


SIAK (NU)-  Pembangunan Skywalk di Sepanjang Pinggiran Sungai Siak, di Kampung Adat Kempung Tengah – Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, ternyata hasil Buah Pikiran Irving Kahar Arifin untuk mewujudkan kota kembar Siak – Mempura.

Selama 13 tahun menjabat sebagai kepala dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin telah banyak melahirkan gagasan untuk Pemkab Siak. Hampir semua gagasan yang diwujudkannya dalam bentuk perencanaan disetujui bupati, sejak zaman Syamsuar hingga Alfedri sekarang.

Irving Kahar Arifin memang selalu berpikir di luar kebiasaan umum. Ia seorang visioner, sebagai Kadis yang out of the box, tidak membeo saja seperti kebiasaan pejabat pada umumnya. Irving mengerahkan semua kemampuannya, pikiranya, pergaulannya, bertungkus lumus membantu bupati Siak untuk mewujudkan pembangunan yang bermanfaat dan berkelanjutan. Tidak berlebihan bila banyak yang menyebut Irving bagaikan seorang pelukis wajah Siak.

Cita-cita membangun kota kembar yang melingkupi kecamatan Siak dan Mempura bukan isapan jempol belaka. Irving melihat masih terjadi kesenjangan pembangunan kedua kecamatan yang dibelah sungai Siak tersebut.

“Apapun caranya, Mempura harus kita bangun, sebagai perwujudan kota kembar yang diciptakan, Siak sudah terang, kita juga ingin Mempura terang seperti Siak,” ujar Irving Kahar Arifin, Minggu (15/9/2024.

Pada 2020, ia merencanakan pembangunan skywalk, yang kemudian rencana ini diterima Bupati Siak sebagai upaya menambah destinasi wisata di Siak. Pelaksanaan pembangunan tahap I dimulai pada 2022 di Kampung Adat Kampung Tengah, kecamatan Mempura, 31 Desember 2022. Pembangunan terus berlanjut untuk tahap II pada 2023 dan tahap III 2024 ini.

Jika pembanguan kelar 100 persen, Skywalk ini terbentang di pinggir Sungai Siak sepanjang 1.054 meter. Membentang dari Kampung Adat Kampung Tengah hingga ke Kampung Benteng Hulu. 

"Ibukota Kabupaten Siak meliputi dua kecamatan yaitu Siak dan Mempura, keduanya ini dipisah oleh Sungai Siak dan dihubungkan oleh jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, keduanya harus menjadi kota kembar. Inilah kawasan yang disebut kota Siak Sri Indrapura,” kata Irving, yang saat ini sudah mundur dari ASN. 

Kini, Irving maju menjadi calon Bupati Siak di Pilkada Siak 2024. Ia menantang petahana Alfedri yang juga temannya sendiri. Ia tidak mengklaim secara sepihak pembangunan skywalk Tengku Buwang Asmara sebagai miliknya, namun ia akui pembangunan tetap sebagai milik Pemkab Siak, namun ide dan gagasannya murni dari pikiran Irving Kahar.

“Idenya dari saya tentunya saya ajukan kepada bupati sebab bupati meminta agar Kadis mempunyai inovasi, jadi itulah dasarnya kami selalu mencari ide untuk pembangunan berkelanjutan,” pungkas Irving. (MG) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama