Kasdim 0322/Siak Hadiri Rapat Pembahasan Usulan Rekomendasi Cetak Sawah Baru di Bungaraya

 

Rapat Pembahasan Usulan Rekomendasi Cetak Sawah Baru di Ruang Rapat Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak

SIAK (NU) - Pada hari Selasa, 9 Juli 2024, pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Rapat Pucuk Rebung, Kantor Bupati Siak, Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Jl. Sultan Ismail, Kel. Sungai Mempura, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, telah berlangsung Rapat Pembahasan Usulan Rekomendasi Cetak Sawah Baru oleh Perkumpulan Kelompok Tani Cipta, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak. Rapat ini dipimpin langsung oleh Assisten 1 Setda Siak, Dr. Fauzi Asni, M.Si.

Rapat tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Mayor Inf Suratno (Kasdim 0322/Siak, mewakili Dandim 0322/Siak), Said Mirdatullah (Kabid Transmigrasi Disnaker Prov. Riau), Damono (Kasi BPKHTL), Amin Sohaimin (Staf Ahli Bupati Kab. Siak), Asrafli (Kabag Hukum), Singgih Ari (BPN Kab. Siak), Safriwal, SP (Kabid Transmigrasi Kab. Siak), Khairurrizan (Sub Koordinator BUMD Kab. Siak), dan Kaspul Anwar (Sekcam Bungaraya), Penghulu Kampung Bungaraya, Kemuning Muda, Buantan Lestari, Dayang Suri, Jatibaru, dan beberapa tamu undangan lainnya. 


Assisten 1 Setda Siak menekankan pentingnya kehati-hatian dalam menentukan koordinat untuk cetak sawah baru. Ia menyatakan bahwa pemerintah daerah belum bisa mengeluarkan rekomendasi sebelum memastikan tidak ada konflik dengan lahan sawit milik masyarakat maupun HGU PT. TKWL. Kelompok Tani Cipta Bungaraya diminta untuk mengurus segala administrasi terkait HGU PT. TKWL, kepemilikan tanah, dan tapal batas kepada pihak BPN Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan tersebut, Mayor Inf Suratno menyampaikan harapan agar usulan Kelompok Tani Cipta Bunga Raya dapat diterima. 

"Kami berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Siak semoga usulan yang diajukan Kelompok Tani Cipta Bungaraya dapat diterima nantinya, karena hal ini dapat mendukung pemerintah pusat dalam penanganan ketahanan pangan," ujar Mayor Inf Suratno.

Inti dari kegiatan ini adalah untuk merencanakan perluasan lahan pertanian/cetak sawah baru, yang diharapkan dapat mengurangi dampak inflasi dan penanggulangan darurat pangan serta mempercepat perluasan lahan pertanian. Selain itu, rapat ini bertujuan untuk mengubah fungsi, bentuk, luasan, dan penguasaan lahan di Kab. Siak, guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Kehadiran Kasdim 0322/Siak dalam rapat ini menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung upaya pemerintah daerah dan pusat dalam mencapai swasembada pangan dan memperkuat ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Siak. (Rilis) 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama